Selasa, 24 November 2015

METODE PEMBELJARAN



NAMA : SRI MULYA
NIM    : 1407281
Adapun kegiatan pendidik dalam pelaksanaan metode diskusi sebagai berikut:
·         Pendidik menetapkan suatu pokok atau problem yang akan didiskusikan atau pendidik meminta kepada peserta didik untuk mengemukakan suatu pokok atau problem yang akan didiskusikan.
·         Pendidik menjelaskan tujuan diskusi.
·         Pendidik memberikan ceramah dengan diselingi tanya jawab mengenai materi pelajaran yang didiskusikan.
·         Pendidik mengatur giliran pembicara agar tidak semua peserta didik serentak berbicara mengeluarkan pendapat.
·         Menjaga suasana kelas dan mengatur setiap pembicara agar seluruh kelas dapat mendengarkan apa yang sedang dikemukakan.
·         Mengatur giliran berbicara agar jangan peserta didik yang berani dan berambisi menonjolkan diri saja yang menggunakan kesempatan untuk mengeluarkan pendapatnya.
·         Mengatur agar sifat dan isi pembicaraan tidak menyimpang dari pokok/problem.
·         Mencatat hal-hal yang menurut pendapat pendidik harus segera dikoreksi yang memungkinkan peserta didik tidak menyadari pendapat yang salah.
·         Selalu berusaha agar diskusi berlangsung antara peserta didik dengan peserta didik.

Langkah pembelajaran yang dilakukan Pendidik dan Peserta Didik :
DEBATE
·         Pendidik membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan lainnya kontra.
·         Pendidik memberikan tugas untuk mencari materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas.
·         Setelah selesai mencari materi, pendidik menunjuk salah satu anggota kelompok Pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok Kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besaqr peserta didik bisa mengemukakan pendapatnya.
·         Sementara peserta didik menyampaikan gagasannya, pendidik menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
·         Pendidik menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
·         Dari data-data yang diungkapkan tersebut, pendidik mengajak peserta didik membuat kesimpulan/ rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

0 komentar:

Posting Komentar