NAMA
: SRI MULYA
NIM : 1407281
Adapun
kegiatan pendidik dalam pelaksanaan metode diskusi sebagai berikut:
·
Pendidik menetapkan
suatu pokok atau problem yang akan didiskusikan atau pendidik meminta kepada
peserta didik untuk mengemukakan suatu pokok atau problem yang akan
didiskusikan.
·
Pendidik menjelaskan
tujuan diskusi.
·
Pendidik memberikan
ceramah dengan diselingi tanya jawab mengenai materi pelajaran yang
didiskusikan.
·
Pendidik mengatur
giliran pembicara agar tidak semua peserta didik serentak berbicara
mengeluarkan pendapat.
·
Menjaga suasana kelas
dan mengatur setiap pembicara agar seluruh kelas dapat mendengarkan apa yang
sedang dikemukakan.
·
Mengatur giliran
berbicara agar jangan peserta didik yang berani dan berambisi menonjolkan diri
saja yang menggunakan kesempatan untuk mengeluarkan pendapatnya.
·
Mengatur agar sifat dan
isi pembicaraan tidak menyimpang dari pokok/problem.
·
Mencatat hal-hal yang
menurut pendapat pendidik harus segera dikoreksi yang memungkinkan peserta
didik tidak menyadari pendapat yang salah.
·
Selalu berusaha agar
diskusi berlangsung antara peserta didik dengan peserta didik.
Langkah pembelajaran
yang dilakukan Pendidik dan Peserta Didik :
DEBATE
·
Pendidik membagi 2
kelompok peserta debat yang satu pro dan lainnya kontra.
·
Pendidik memberikan
tugas untuk mencari materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas.
·
Setelah selesai mencari
materi, pendidik menunjuk salah satu anggota kelompok Pro untuk berbicara saat
itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok Kontra. Demikian seterusnya sampai
sebagian besaqr peserta didik bisa mengemukakan pendapatnya.
·
Sementara peserta didik
menyampaikan gagasannya, pendidik menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai
mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
·
Pendidik menambahkan
konsep/ide yang belum terungkap
·
Dari data-data yang
diungkapkan tersebut, pendidik mengajak peserta didik membuat kesimpulan/
rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.
0 komentar:
Posting Komentar