Sabtu, 13 Februari 2016

TUTORIAL INSTALASI UBUNTU DEKSTOP 15.04

TUTORIAL INSTALASI LINUX UBUNTU DEKSTOP 15.04


        Sesuai siklusnya, April lalu Canonical telah merilis Ubuntu 15.04 yang merupakan update ketujuh belas dari sistem operasi Linux terpopuler saat ini. Seperti biasanya, Ubuntu menggunakan kode nama spesies hewan. Kali ini Ubuntu 15.04 menggunakan nama VividVervet, hewan sebangsa monyet yang habitatnya berada di Afrika.
        Kehadiran Ubuntu 15.04 memang cukup ditunggu karena mambawa fitur baru, perbaikan dan peningkatan diberbagai aspek. Apa saja hal yang terbaru yang ditawarkan oleh Canonical pada sistem operasi ini? Berikut TechLife paparkan selengkapnya.


Berikut saya akan sedikit berbagi mengenai cara installasi Ubuntu 15.04, Selamat Membaca :)

 
 1.  Sediakan Flashdisk yang telah berisi Installer Ubuntu 15.04 

 
 2.  Minimal  kapasitas  harddisk  yang  harus  disediakan  adalah  25  GB  akan  tetapi  tidak  usah terlalu  besar karena ubuntu tidak akan memakan terlalu banyak space

 3.  Nyalakan  Laptop  Anda  yang  akan  diinstall  dengan  Ubuntu  15.04,  masukkan  Flashdisk  Installer Ubuntu 15.04   ke   Slot USB,   dan   pastikan   first   boot   pada   settingan   BIOS
adalah USB

 4.  Tunggu proses Booting, pada langkah selanjutnya pilih bahasa untuk sistem anda dan pilih tombol Continue untuk melanjutkan proses selanjutnya
 




5.   Bersiap  untuk  melakukan  install  Ubuntu, Akan  muncul  informasi  mengenai  persiapaa untuk menginstall   Ubuntu,  yaitu  size  harddisk  untuk  Ubuntu  15.04  paling  sedikit  berkapasitas 4,4 GB, terhubung ke tegangan listrik dan kalau bisa terhubung ke internet, tapi disini saya tidak terhubung ke internet. Klik tombol Continue untuk melanjutkan.


 
6.  Pada tampilan Installation type, pilihlah cara instalasi yang ingin Anda lakukan. Apakah Anda akan menghapus data yang ada di dalam hard disk dan kemudian menginstall Ubuntu, untuk melanjutkan Anda akan memilih pilihan Something else




7.  Bila tampilannya seperti di bawah ini, klik tombol New Partition Table saja. Tapi bila ada pilihan free space karena hard disk sudah ada yang dipartisi, pilih ‘free space’ saja.

 

8.  Selanjutnya pilih Continue


9. Kita akan membuat partisi root. Pada Size isilah berapa jumlah MB yang diinginkan. Pada contoh ini kita mengisinya menjadi 21000 MB. Ini memaksudkan kira-kira berjumlah 21 GB. Pada Type for the new partition pilih Primar. Pada Location for the new partition pilih Beginning of this space. Pada Use as pilihlah Ext4. Dan pada Mount point pilihlah / yaitu simbol root. Kemudian klik tombol Ok.


 
10.  Kemudian akan terllihat hasil partisi root yang kita buat tadi. Kini kita lanjutkan untuk membuat partisi /home tempat untuk menyimpan data. Klik pada free space, lalu klik tanda + untuk membuat/menambah partisi baru.


 11. Lalu pada Size isilah berapa jumlah MB yang diinginkan. Pada contoh ini kita mengisinya menjadi 11000 MB. Ini memaksudkan kira-kira berjumlah 11 GB. Pada Type for the new partition pilih Logical, yang akan selalu terikat ada partisi Primary. Jika partisi primary dihapus, berarti partisi logical juga akan terhapus. Pada Location for the new partition pilih Beginning of this space. Pada Use as pilihlah Ext4. Dan pada Mount point pilihlah /home. Kemudian klik tombol Ok.


12.  Kemudian akan terllihat hasil partisi yang kita buat tadi(partisi root dan home). Kini kita lanjutkan untuk membuat partisi Swap tempat untuk menjadi sebagian ruang di hard disk menjadi memory tambahan. Klik pada free space, lalu klik tanda + untuk membuat/menambah partisi baru.


 13. Pengaturan Create Partition
     Kemudian akan terllihat hasil partisi yang kita buat tadi(mulai partisi root sampai dengan swap). Kini kita lanjutkan dengan mengklikk tombol Install Now untuk memulai proses instalasinya.


14.   Pada tampilan Write the changes to disks?, klik tombol continue.


15.  Pilihlah posisi dimana anda tinggal

16. Pada tampilan Keyboard layout, klik saja tombol Continue.

 
17.  Kemudian isilah nama kita, nama computer kita, akun username kita, password kita, disertai konfirmasi password. Juga di bagian bawah ada pilihan, kita klik Require my password to log in supaya selalu memasukkan password sewaktu login ke Ubuntu Desktopnya. Lalu kita klik tombol Continue.







18.  Tunggu proses Loading, Dan prosesnya telah Selesai



19.  Setelah Instalasi, Kemudian Komputer akan di Restart. 


20.  Setelah proses restart komputer, akan muncul GRUB yang berisi daftar sistem operasi yang ada di dalam hard disk. Pilihlah sistem operasi Ubuntu yang baru saja kita install tadi, biasanya pada baris yang paling atas. Lalu akan terlihat tampilan fresh hasil instalasi tadi. Masukkan password dari user yang kita buat tadi.


21. Sekarang Inilah Tampilan LINUX UBUNTU 15.04 yang telah anda Install.



SELAMAT MENCOBA GUYS......


 Terima Kasih ........


0 komentar:

Posting Komentar